Tentang Lensa Kacamata
Softlens Untuk Astigmatisme (Pengguna Lensa Kacamata Cylinder) PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 07 May 2011 03:39

Softlens untuk astigmatismeJika mata anda mengalami gangguan Astigmatisme apakah bisa menggunakan lensa kontak ? tentu saja bisa tapi dengan jenis yang berbeda. Lensa kontak bagi  penderita Astigmatisme mempunyai nama “TORIC” dimana dalam lensa kontak toric mempunyai dua kekuatan lensa yang berbeda, satu ukuran untuk ukuran cylinder dan satu ukuran lagi untuk ukuran spheris ( minus atau plus). Lensa kontak toric didesain untuk tidak dapat berputar pada bola mata untuk menjaga kestabilan derajat axis yang terdapat dalam setiap ukuran cylinder. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat berkonsultasi dengan dokter mata anda atau kunjungi Outlet A. Kasoem Cikini Optikal yang terdekat di Kota Anda.

Add a comment
Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 07 May 2011 04:04
 
Lensa Progressive PDF Cetak Surel
Lensa Progressive

Apa itu lensa progressive ?

Lensa progressive merupakan lensa yang digunakan untuk membantu penglihatan pada penderita  presbiopia (kesulitan melihat objek pada jarak dekat / baca akibat berkurangnya daya akomodasi lensa mata) dimana pembatas lensa untuk fungsi melihat jauh dan baca tidak terlihat, tidak seperti model bifocal yang memperlihatkan  antara lensa untuk baca dan untuk melihat jauh.

 

Mengapa dikatakan Progressive ?

Lensa progressive disebut juga dengan  PAL (Progressive Addition Lens).  ukuran dioptri pada lensa PAL akan mengalami perubahan secara  teratur dari ukuran jauh ke ukuran baca  dengan demikian pemakai lensa PAL diuntungkan dengan tidak terjadinya locatan bayangan yang biasa ditemui di Lensa Bifocal. Pada generasi awal munculnya lensa progressive pemakai direpotkan dengan penyesuaian yang lebih lama sebagai dampak dari perubahan ukuran dari jauh kebaca yaitu timbulnya daerah distorsi pada kedua sisi lensa dimana  pemakai merasa penglihatannya buram ketika melirikkan matanya ke kiri atau ke kanan.  Namun dengan perkembangan tekhnologi, daerah distorsi akhirnya dapat dioptimalisasi sehingga waktu penyesuaian lebih singkat.

 

Siapa pemakai lensa progressive?

Lensa progressive ditujukan untuk penderita Presbiopia. Presbiopia merupakan gangguan yang wajar terjadi diusia lebih dari 40 tahun. Dimana umumnya setiap orang yang memasuki usia tersebut mengalami kesulitan membaca tulisan / buku dalam jarak normal membaca. disadari atau tidak orang diusia tersebut akan menjauhkan bukunya saat membaca. saat dilakukan pemeriksaan mata (Refraksi)  biasanya orang tersebut membutuhkan lensa Plus untuk mengatasi gangguan saat membaca. untuk mengatasi hal ini bisa saja menggunakan kacamata khusus untuk membaca (Single Vision)  namun masalahnya kacamata tersebut hanya bisa digunakan untuk membaca jadi jika akan melihat jauh,  kacamata tersebut harus dilepas. Menggunakan lensa bifocal selain tidak kosmetis (Pembatas lensa untuk melihat jauh dan baca terlihat) juga dapat menyebabkan loncatan bayangan saat berpindah dari melihat jauh ke baca terutama yang memiliki kelainan myopia (mata minus).  Jika anda termasuk presbiopia pemula  (belum pernah menggunakan kacamata untuk presbiopia) sebaiknya menggunakan lensa progressive. Anda akan lebih mudah menggunakan lensa progressive dibandingkan jika anda menggunakan lensa bifocal kemudian beralih ke Lensa Progressive. Jika anda melakukan kunjungan ke A. Kasoem Cikini Optikal anda dapat berkosultasi mengenai lensa Progressive yang tepat untuk anda.

Add a comment
 
Fitur lensa untuk kegiatan outdoor PDF Cetak Surel

Fitur lensa untuk outdoor

Colormatic
Lensa yang dapat berubah menjadi gelap (Grey, Brown) ketika terkena sinar matahari, berubahnya lensa disebabkan oleh sinar UV (Ultra Violet) dari matahari yang memicu lapisan film / partikel lensa yang ditanam didalam lensa sehingga dapat berubah warna. Tingkat perubahan lensa dari terang ke gelap tergantung dari  intensitas UV yang bersumber dari sinar matahari. Semakin tinggi Intensitasnya maka lensa lensa akan semakin Gelap. Jadi secara otomatis mata anda akan terlidung dari sinar UV yang berbahaya untuk mata. 

 

Lensa Polarized

Ketika kita mengendarai mobil biasanya bayangan dashboard akan terlihat di kaca mobil, atau ketika kita melihat ke air yang jernih maka bayangan muka kita biasanya akan nampak dipermukaan air. Bayangan ini jelas menggangu,  efek dari bayangan ini dapat dikurangi dengan menggunakan Lensa Polarized. Melihat keluar kendaraan menjadi lebih jelas. Atau melihat pemandangan dibawah air pantai yang jernih menjadi lebih jernih.

 

Pewarnaan Lensa

Lensa yang telah diwarnai merupakan nilai lebih yang paling murah untuk didapatkan untuk melindungi mata anda dari sinar UV anda dapat lebih fleksibel dalam memilih warna lensa yang anda sukai.

 

Mirror Coating.

Mirror coating pada umumnya di berikan  pada lensa berwarna . beberapa orang juga menyebutya dengan nama Flash Coating .  lensa dengan Mirror Coating lebih cocok untuk kegiatan outdoor di pegunungan, daerah bersalju, atau diareal lapang dengan matahari yang sangat terik,  anda akan lebih terlindung dari UV yang berbahaya untuk mata.

 

Add a comment
 
Ketika lensa kacamata terkena air hujan PDF Cetak Surel

Ketika lensa terkena air hujan

Ketika air mengenai  lensa kacamata yang memiliki lapisan Hydrophobic maka dapat dipastikan air akan luruh dengan sendirinya dan hanya sedikit  menimbulkan bekas pada lensa ( lensa dalam kondisi bersih ). Keuntungan lain dengan adanya lapisan ini lensa mudah dibersihkan . Ini sangat bermanfaat ketika kita berada di luar ruangan / melakukan kegiatan out door dan tiba – tiba turun hujan,  kita tidak begitu repot karena harus membersihkan lensa yang terkena air hujan.

Lensa – lensa standar saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan lapisan ini.  bagi anda yang baru akan mengenakan kacamata atau pun yang ingin  sungglass pastikan  untuk menanyakan tentang lapisan ini kepada staff toko A. Kasoem Cikini Optikal ketika memesan lensa. 

Add a comment
 
Bebas Silau Dengan Lapisan Anti Refleksi PDF Cetak Surel
Pada pemakai kacamata yang lensanya tidak memiliki Lapisan Anti Releksi mereka akan merasa silau akibat dari pantulan cahaya (yang tidak diinginkan) dari permukaan lensa.  Namun dengan memberikan Lapisan Anti Refleksi hal itu tidak lagi terjadi.  dengan lapisan tersebut lensa mampu mentransmisikan cahaya hampir 100 % ke mata sehingga pemakai kacamata akan melihat lebih tajam dan kontras selain terhindar dari silau. Pada hasil pemotretan Orang yang menggunakan anti refleksi pada kacamatanya akan terlihat seolah – olah tidak menggunakan lensa dan membuat tampilan foto lebih indah. 

Beberapa merk dagang  lensa memiliki nama tersendiri untuk menyebut Lapisan  Anti Refleksi, Rodenstock menyebutnya dengan Supersin untuk  lensa berbahan kaca / glass,  untuk  lensanya yang berbahan Plastik Rodenstock menyebutnya dengan New Solitaire  Sedangkan Essilor menyebutnya dengan nama Crizal. 

Add a comment
 
Artikel yang lain...
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL